Top Social

Membuat donat bersama "Donutboyz"

2/17/18
Salah satu cemilah favorit yang mampu mengganjal perut adalah donat. Bagi kamu pecinta donat wajib sekali membaca artikel ini karena saya akan berbagi soal membuat donat yang empuk dan tanpa bahan pengawet.

sumber photo by Donutboyz


Donat (doughnuts atau donut) adalah panganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard.

Kemarin saya mendapatkan kesempatan berharga untuk membuat donat di "Donutboyz" bakery di Solo. Kitchen yang dimiliki "Donutboyz" tidak terlalu besar namun cukup bersih.



Cara yang digunakan ketika membuat adonan semua dilakukan dengan manual dan dikerjakan oleh satu cheaf saja. Mulai dari memasukan bahan-bahan seperti,


6 gram tepung
6 butir kuning telur
600 gram kentang rebus
180 gram gula
100 gram maizena
2 sachet vanili
Ovalet 1/2 sdt
Fermipan 9 gram
150 gram mentega

Membuat adonan menjadi bulatan-bulatan dan dilubangi hingga berbentuk seperti cincin karena dilakukan secara manual, bentuknya seperti donat pada umumnya. Donat dari"Donutboyz"tidak menggunakan bahan pengawet dan hanya bertahan selama 1-2 hari saja di suhu ruangan.


Donat ini digoreng menggunakan minyak yang selalu diganti secara berkala. Bahan yang digunakan memang berkualitas dan disimpan dengan baik. Mulai dari tepung terbaik,telur yang masih fresh,kentang kualitas baik, mentega dengan merk yang terkenal, dll. Di sini saya tidak dibayar untuk promosi dan benar-benar saya telah melihat langsung dan mencoba membuat donut di dapur "Donutboyz" maka dari itu hasil dari donat di atas tidak memiliki bentuk yang bagus seperti yang dijual "Donutboyz" sendiri.



Proses menghias menggunakan Oreo yang sudah dihancurkan dan diberi hiasan coklat putih di atasnya. Bagaimana agar Oreo dapat menempel dengan baik? Donat harus dicelupkan ke dalam coklat leleh terlebih dahulu sebelum diberi topping Oreo.


Nah, ini hasil yang dibuat cheaf sendiri untuk dijual di Mangkunegaran dan RS. Kasih Ibu. Hasilnya berbeda? tentu, lebih rapih dan bulat sempurna. Bagaimana rasanya? coklatnya enak dan teksturnya empuk, lebih recommended dari merk terkenal karena donat di "Donutboyz" tanpa pengawet.


Selain membuat donat, kemarin saya berkesempatan membuat roti manis dan roti tawar sayang, roti tawar tidak sempat difoto karena sudah habis jadi rebutan.

Alamat : Donutboyz Bakery Shop, Jl. Dr Moewardi no.8 , Solo 57143, Indonesia
instagram : @Donatboyz

Baca juga : Klappertaart Durian  (di sini)


18 comments on " Membuat donat bersama "Donutboyz" "
  1. Aku termasuk penggemar donat kentang. Hampir tiap minggu beli, soalnya anak-anak juga suka. Beberapa merk donat kentang udah aku coba, tapi yang ini belum. Makasih infonya ya Mbak.. 😊😊

    ReplyDelete
  2. Doantanya kliatan menggirkan banget. Mba, itu ukuran donat selalu sama itu giman aya caranya. Aku udah nyoba berulangkali bentuknya abstrack. Hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara yang tepat adalah dengan buat lubang kecil di tengah donat saat setelah menjadi adonan yang sudah dibentuk bulat-bulat. Cara melubanginya menggunakan tangan (satu jari yang ditusukan tepat ditengah donat hingga bolong) bukan dengan alat. Lalu putar-putar donat sehingga berbentuk cincin menggunakan dua jari. diamkan donat hingga mengembang dan goreng. Secara otomatis bentuknya akan sama.

      Delete
  3. Oh, pake kuning telur aja makanya empuk. Ditambah kentang tambah menul-menul

    ReplyDelete
  4. Waaa, donatnya menggoda. Ini anak2 pada doyan banget makan ginian. Resepnya pun simple bs dipraktikkan di rumah

    ReplyDelete
  5. Mba, mw tanya, kegunaan kentang dalam donat itu utk apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti donat kentang rasanya lebih enak dari donat tanpa kentang. Teksturnya lebih empuk.

      Delete
  6. Waah di solo toh ini mba. Kampungku di solo soalnya. Kapan2 kalo lg mudik, aku coba cari, pgn cobain rasa donutnya. Tp jujurnya aku lbh seneng donut yg toppingnya gula halus :D. Ingetin ama donut rumahan bikinan mama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak hanya di Solo kok mba, silahkan dicoba ya :) wahh donat topping gula halus emang punya kenangan tersendiri :)

      Delete
  7. Jadi laper , hihihi keren, ditunggu kunjungan baliknya ompedu.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Terima kasih untuk resep dan tipsnya, sangat bermanfaat tentunya.

    Klo ditambah toppingnya dengan matcha kayaknya mantap banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Ibu wiwi,

      topping matcha emang lagi hits banget.. patut dicoba

      Delete

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Auto Post Signature