Top Social

Perayaan Hari Batik Nasional di Yogyakarta Independent School (YIS)

10/3/22


Senin, Yogyakarta Independent School (YIS) mengadakan Event Batik Day 2022 bertempat di YIS Joglo, Jl. Tegal Mlati no. 1 Jombor Lor, Sinduadi, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk mengingat kembali pentingnya Batik sebagai identitas Nasional kita dan untuk mempromosikan keberlanjutan Batik sebagai alternatif berpakaian masa depan.


Kegiatan tersebut terdiri dari "Peragaan Busana Seluruh Siswa/Siswi" di depan kelas bahasa. Event ini membuatku tertarik untuk mengunjungi Perayaan Hari Batik Nasional di YIS.


Apa itu YIS?



Yogyakarta Independent School atau dikenal sebagai YIS adalah satu-satunya sekolah internasional yang berada di Yogyakarta yang didirikan pada Oktober 1989. YIS menawarkan paket lengkap International Baccalaureate (IB) untuk anak-anak usia 3 hingga 18 tahun. IB merupakan kurikulum International School di Indonesia yang dibuat oleh yayasan international di Swiss.



Visi dan Misi YIS

Yogyakarta Independent School memberikan stimulasi lingkungan bagi kaum muda untuk menjadi peduli, penasaran, dan pemikir kritis. YIS memberdayakan siswa/siswi untuk menjadi relevan dan to make a difference in a rapidly changing world dengan mempertahankan rasa hormat untuk keragaman antarbudaya, nilai-nilai kemanusiaan, dan profesional integritas.


3 Program YIS

  •  IB Primary Years Programme (PYP)

Program yang bertujuan untuk mengembangkan kesejahteraan akademik, sosial, dan emosional siswa. Siswa PYP menghabiskan sebagian besar hari mereka dengan guru kelas, baik di dalam ruangan maupun belajar di ruang terbuka.  Program ini diperuntukkan bagi siswa berusia 3-12 tahun. 


  •  IB Middle Years Programme (MYP)

Program yang bertujuan untuk pengembangan keterampilan dan pemahaman yang diperlukan untuk sukses di kelas 7 dan seterusnya. Siswa MYP berfokus ke semua bidang desain. Program ini cocok sekali untuk anak yang memiliki jiwa seni. Anak - anak akan didorong untuk menjadi pemikir yang kreatif, kritis, dan reflektif.


Beberapa produk yang berhasil dibuat oleh siswa/siswi YIS antara lain: iklan film, furnitur bambu, game pembelajaran, animasi digital, dan karya busana dari bahan ramah lingkungan. Program ini diperuntukkan bagi siswa berusia 11-16 tahun. 


  •  IB Diploma Programme (DP)

Program yang diakui oleh universitas terkemuka dunia. Program DP menawarkan siswa/siswi untuk mengeksplorasi berbagai mata pelajaran dalam kerangka holistik yang mencakup penelitian independen, kerja lapangan ilmiah, proyek kreatif, dan pengabdian masyarakat. Program ini diperuntukkan bagi siswa berusia 11-19 tahun. 


YIS berkomitmen untuk menyediakan pendidikan holistik dan mendukung kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan, menarik, aman, dan sehat.


Suasana YIS 



Memasuki gerbang kampus YIS kita akan disambut oleh alam hijau dan udara sejuk di tengah panas dan macetnya Kota Yogyakarta membuatku relax dan bersemangat untuk segera menghadiri acara "fashion show" Hari Batik 2022 di YIS.


Event Hari Batik di YIS


Acara "fashion show" ini dilakukan di depan bahasa room dan dihadiri oleh guru, siswa/siswi YIS, dan orang tua. Kegiatan dimulai dengan sambutan hangat dari kepala sekolah Bapak Ismail Sumantri. Lalu dilanjutkan dengan "Tari Batik" oleh siswa/siswi kelas 7-8.

Tepat pukul 10.00 WIB acara utama berlangsung dengan meriah. Kami menonton siswa/siswi PAUD/TK-SMA berlenggok-lenggok di catwalk dengan penuh percaya diri.

Belum berakhir ternyata ada kejutan di ujung acara "fashion show" yaitu, para orangtua dan guru juga harus memperagakan busana. Ditutup dengan pembagian hadiah untuk para pemenang, snack time, dan foto bersama di area bermain.



Kegiatan kelas untuk siswa (03/10/2022) setelah Event Batik :


Prasekolah : Kolase Batik

Kinder A-B : Sablon Batang Pisang / Percetakan "Debog"

Grade 1-2 : Masker Kertas Lukisan Batik Topeng

Grade 3-4 : Batik Sablon Daun / "Godhong Printing"

Grade 5-6 : Lukisan Batik Kuda Datar Bambu / Jaran Kepang

Kelas 7-12 : Topi Petani Batik Lukis / Caping


YIS Sekolah IB di Yogyakarta


Setelah menghadiri Event Hari Batik 2022, aku diajak Pak Yeremias (Marketing and Admission Officer) berkeliling kelas-kelas unggulan di YIS. Bangunan sekolah yang kokoh, bersih, dan ruang kelas yang melingkar di sudut gedung, di bagian tengah terdapat meja dan kursi untuk siswa/siswi dan guru berdiskusi. Ruang tengah ini juga digunakan kegiatan kelompok di luar kelas.


Apa yang membuat YIS terlihat menarik?




Model pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) dengan mencampur 2 tingkatan kelas dalam satu kelas dan pembelajaran diberikan oleh satu guru saja.


Di YIS sendiri melakukan pembagian kelas berdasarkan kelas 1 & 2, kelas 3 & 4, dan kelas 5 & 6. Sedangkan Kelas 7-12 sudah dipisah seperti sekolah lainnya. Di dalam satu kelas terdapat 10-15 anak saja.


Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar utama di YIS


Untuk aku yang susah berbicara bahasa inggris dari zaman sekolah bahkan, aku sampe pergi ke Kampung Inggris, Kediri selama 6 bulan dan ujung-ujungnya speaking english-nya gitu-gitu aja. Hal yang ku sadari tentang mempelajari bahasa adalah dipraktekkan setiap hari dengan lingkungan yang mendukung.


Melihat anak-anak PAUD/TK di YIS sudah fasih berbicara Bahasa Inggris membuatku semakin bersemangat untuk kerja keras agar bisa menyekolahkan anakku esok di sini.


Tenang saja bun, bagi anak-anak usia PAUD/TK hingga SD yang tidak bisa berbicara bahasa inggris sama sekali tetap bisa mendaftar kok. Lama-kelamaan anak pasti terdorong untuk belajar bahasa inggris karena lingkungan sekolah yang memadai.


Untuk usia SMP hingga SMA akan mendapatkan tes masuk berupa pelajaran MTK dan ENGLISH. Anak-anak yang lolos hanya perlu Bahasa Inggris Pasif. Untuk siswa SMP-SMA yang masih pasif bisa mengikuti kelas tambahan Bahasa Inggris.


Selain Bahasa Inggris, mereka juga belajar Bahasa Indonesia, Spanyol, dan Prancis.


Hal menarik lainnya yang aku dapatkan di YIS adalah bagaimana siswa/siswi berpakaian. Semua anak dibebaskan untuk model rambut (pendek, gondrong, dan diwarnai), Atasan berupa kaos bertulis YIS dan bawahan bebas (celana maupun rok) asalkan panjangnya minimal di bawah lutut.


Bagi perempuan diperbolehkan berhijab maupun non hijab. Suasana sekolah internasional di Yogyakarta ini tidak kaku seperti sekolah pada umumnya. Hari Jumat siswa/siswi menggunakan baju batik bebas, Hari Sabtu-Minggu libur.


YIS juga memiliki program ekstrakurikuler yang bisa diikuti seperti : kelas seni, filsafat, musik, basket, taekwondo, panahan, seni rupa, international cooking, hoki, lari lintas alam, craft, robotic, balet, dan yoga.



Siswa/siswi YIS sendiri berasal dari berbagai kalangan, masyarakat Indonesia dan native speaker. Keanekaragaman latar belakang menjadikan anak-anak YIS menjadi lebih toleran, menghormati perbedaaan, dan lebih kritis.


Di YIS sendiri tidak ada pembullyan seperti sekolahku dulu. Setiap ada masalah guru akan berbicara tatap muka terlebih dahulu dengan murid, barulah jika belum terselesaikan masalahnya lanjut dibicarakan dengan orang tua.


Rasa kekeluargaan di lingkungan sekolah ini sangat terasa, lingkungan yang hijau, dan sehat membuat aku yang tidak suka sekolah menginginkan bersekolah lagi.


Siswa/Siswi YIS juga Ikut UN

Kurikulum YIS juga mewajibkan siswa/siswi yang berkewarganegaraan Indonesia mengikuti UN agar mereka juga memenuhi syarat yang sama jika ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di dalam negeri.


Biaya Sekolah di YIS

Dibandingkan sekolah internasional yang berada di kota-kota besar lainnya, YIS yang menerapkan kurikulum international IB, biaya pendidikan YIS jauh lebih terjangkau.


Untuk informasi selengkapnya bisa kunjungi website Sekolah Internasional di Yogyakarta .




5 comments on "Perayaan Hari Batik Nasional di Yogyakarta Independent School (YIS)"
  1. Keren banget YIS ya. Bahasa pengantarnya bahasa Inggris. Sukaa banget kalau ada event batiknya juga.

    ReplyDelete
  2. Acaranya pasti seru banget ya kak kalau melihat langsung, mulai dri siswa sampai orang tua ikut serta dalam fashion show batik. Aku suka sekolah YIS, dijamin betah, karena banyak ekskul yang akan bikin anak semakin kaya pengalamannya dan banyaknya bahasa asing yang bisa dipelajari anak selama sekolah.

    ReplyDelete
  3. saya kelupaan tidak menggunakan batik di tanggal itu kebetulan sedang di rumah aja, dan sayang banget tahun ini ga ikut peringatan hari Batik Nasional

    ReplyDelete
  4. Sudah lebih dari 30 thn YIS berdiri ya..
    Di sekolah internasional tentunya diberi ruang yang luas untuk bicara mengungkapkan isi pikiran karena kurikulumnya berstandar international selain itu juga bisa belajar ragam bahasa

    ReplyDelete
  5. Keren banget ya sekolahnya dan benar-benar mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi globalisasi jadi tidak hanya bahasa Inggris dan bahasa Indonesia saja yang diajarkan tapi juga bahasa Spanyol dll.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Auto Post Signature

Auto Post  Signature