iblogmarket.com

IBX59CC0B1F0120F

SUKA-DUKA menjadi TANTE di USIA MUDA

5/16/17


siapa sih "TANTE" itu?
tante /tan-te/ dalam KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA (KBBI):
1. adik atau kakak perempuan ayah atau ibu;bibi;
2. panggilan kepada wanita yang agak tua
--girang wanita setengah baya yang suka bersenang-senang dengan pemuda

   Dalam artikel ketiga ini saya akan share penggalaman saya tentang "SUKA-DUKA" menjadi TANTE di USIA MUDA. Tante dalam artikel ini adalah seseorang adik atau kakak perempuan ayah atau ibu (;Aunt) bukan tante girang yang suka bersenang-senang bersama pemuda di malam hari. 

Bibi/tante,inilah usia dimana kamu bisa dianggap sosok yang lebih tua,meskipun kamu masih berusia belasan tahun atau 20-an. Baby yang baru menjadi anggota keluarga kamu akan memanggil kamu tante dengan lucunya. Kamu juga bisa belajar dari setiap perkembangan dan pertumbuhan baby dan kamu akan merasa lebih menua dari tahun kemarin.

   Artikel ini di ambil dari sudut pandang anak terakhir dalam keluarga. Jika, kamu adalah anak tengah mungkin kamu tidak pernah mengalami situasi ini.

Kita akan berbicara tentang "DUKA"nya terlebih dulu, sebagai berikut:

1. Perhatian orang tua yang berubah secara tiba-tiba

Perhatian orang tua yang biasanya selalu tertuju kepada anak terakhir, akan berubah secara tiba-tiba ke sesosok baby yang baru saja menjadi anggota baru dalam keluarga kamu. Kamu akan memanggil baby itu sebagai keponakan dan orang tua kamu memanggil sebagai cucu iya, cucu pertama mereka. Baby yang lucu itu selalu menjadi perhatian mereka dan pandangan tidak pernah di alihkan darinya.
Di belakang mereka ada sesosok orang yang berubah status dari seorang anak terakhir yang harus di perhatikan menjadi sosok tante. Kamu akan mengalami siklus ini kira-kira seminggu dan buat kamu yang sudah membaca artikel ini sebelumnya kamu harus siapkan mental. Kenapa harus seminggu? 
pada siklus ini orang tua yang juga tidak menyadari sifat mereka berubah dan dalam waktu seminggu mereka baru akan menyadari juga sikap dari anak terakhir yang berubah menjadi sedikit menjengkelkan untuk menarik perhatian. Jika, kamu adalah anak tengah dimana kamu sudah biasa dengan hadirnya seorang adik. Kejadian ini tidak terlalu ada effect-nya.

2.Kamu memiliki tugas extra membantu orang tua kamu

Mau,tidak mau kamu sudah menjadi seorang "tante" di mana kamu bukan anggota keluarga termuda seperti tahun kemarin.So, kamu bakal mendapat tugas extra lebih dari biasanya dan memiliki tanggung jawab yang besar pula. Apa? tugas? yup! seperti membantu mama kamu yang juga sedang membantu kakak kamu.
kenapa? seseorang setelah melahirkan secara normal tidak diperbolehkan untuk beraktifitas seperti biasanya karena jahitan bisa terlepas.Sekitar sebulan penuh kakak kamu bakal ada di atas kasur untuk menyusui dan mama kamu lebih sering berada di dekat kakak kamu untuk mengajarkan sesuatu hal yang baru wohoo! menjadi seorang ibu, seperti : memandikan, memakaikan baju, merawat baby yang sedang sakit, menggantikan popok,dll. Jadi, apa tugas kamu adalah sebagian tugas mama kamu yang terbengkalai akibat sessosok baby mungil yang belum bisa apa-apa.
semangat ya.. iya kamu.. yang sekarang udah jadi tante.. 

3.Waktu tidur kamu terganggu

Apa sih yang bisa di lakukan seorang baby yang baru lahir di dunia ini?
pertama : minum asi
kedua   : pip / pipis
ketiga  : pup/ poop
keempat :tidur
kelima  : kembali ke urutan pertama

ketika malam hari adalah waktu kita tidur, tidak untuk si baby yang bagi siang atau malam pikirnya selalu minum asi dan itu berpengaruh kepada kita karena usia baby yang belum bisa ngomong jadi, kalau minta asi ya pasti pakai acara nangis donk... hihihi

4.Kamu akan lebih sering bermain bersama keponakan dari pada bersama teman

well.. ketika kamu memiliki kakak yang berkerja dari pagi sampai sore hari. Keponakan akan di titipkan sama mama dan kamu. *uhuk*
mau,tidak mau sehabis pulang sekolah kamu langsung pulang ke rumah dan menggantikan posisi mama kamu yang sudah kecapekan mengurus baby dari pagi sampai siang hari.
diposisi kamu yang kecapekan juga dan ternyata si baby poop stelah jam mengasuh di alihkan ke kamu *best bad moment* sesuatu moment banget ketika mau menolak ataupun marah rasa kasian terhadap mama kamu jauh lebih besar. Jadi, tetap di lakukan walaupun dalam hati ngedumel nggak karuan.


5. Waktu bermain bersama teman-teman kamu akan berkurang

Apabila kamu lebih sering di rumah bersama si kecil tentu saja waktu bermain bersama teman dekat kamu akan berkurang.

Karena kamu sudah memiliki banyak tugas untuk sebulan ke depan maka, yang biasanya seminggu dua kali bisa jalan bareng teman kamu harus meluangkan waktu untuk membantu mama sama papa kamu yang lagi bahagia dengan kehadiran baby.
Kamu akan sering berada di rumah untuk menjadi babysister dadakan selama si baby belum sekolah. lalala.. kamu bakal main sama keponakan jauh lebih sering dari pada sama teman dekat kamu.
tenang aja, segala sesuatu pasti ada hikmahnya kok. Lakukan dengan ikhlas ya.. dan selalu berpikir positif tentunya.

#note : kejadian ini,perasaan ini akan dialami oleh tante dimana usia kamu sama kakak kamu terpaut jauh. hla kok? kalau umur kamu sama kakak kamu berdekatan keburu kamu nikah dan punya anak maka, kamu akan urus anak mu sendiri. beda lagi ceritanya kalau kakak kamu nikah muda.
#note : kamu yang bakal jadi om/paman/uncle mungkin effect-nya enggak terlalu ngena banget karna kamu bakal jadi seorang ayah, apa pekerjaan ayah? mencari nafkah.
sedangkan kami para tante muda bakalan jadi seorang ibu. Iya ibu dari anak-anak kita nanti...bagaimanapun pada akhirnya kita akan mendidik anak kita sendiri.

next,..

Ternyata Status tante muda untuk keponakan itu memiliki Keuntungan loh, nah ini bisa di sebut "SUKA" dalam menjadi tante di masa muda:


1. Menjadi tante muda untuk keponakan, akan belajar banyak tentang bagaimana cara merawat anak

 Belajar merawat dedek bayi dengan gratis tanpa mengeluarkan sedikitpun biaya. Kamu akan belajar banyak tentang bagaimana cara mendidik dan tentu saja tumbuh kembangnya menjadi kebahagiaan tersendiri.Belajar bagaimana cara menjaga dan bertanggung jawab. Kamu akan menjadi sosok lebih dewasa secara tidak langsung. Bagi sang kecil kamu adalah sesosok pribadi menyenangkan
karena kamu sering bermain dengannya dan kamu sering meniru sikap lucu si kecil hehe.

2.Belajar dari keponakan untuk lebih berhati-hati

Kamu akan menjadi sesosok yang lebih tenang dan berhati-hati, menggendongnya dengan lembut, membuatkan susu hangat yang pas untuk baby keponakan kamu, memberikan mainan yang tepat untuk usia si keponakan tercinta.

3. Kamu akan di latih menjadi sosok yang sabar, keibuan, dan serba bisa

Kamu harus bersyukur jika kamu sudah menjadi tante di usia muda. Kamu bakal siap mental kedepannya jika kamu sudah memiliki anak sendiri. Kamu juga sudah memiliki banyak ilmu tentang anak dan akan menjadi ibu yang pintar dimasa depan. Tidak semua orang mengalami hal ini loh. Menantu idaman banget(telaten,sabar,serba bisa).Selain itu, kamu akan lebih bahagia dibanding saat dia belum terlahir ke dunia karna si keponakan menjadi malaikat favorite semua penghuni rumah yang akang meramaikan hari-harimu.

4. Semua cerita mu kini hanya tentang si kecil 
 Jika kamu selalu suka membicarakan kekurangan maupun kelebihan kamu sendiri, kini kamu hanya akan tersenyum ceria dengan menceritakan si kecil pada dunia,pada teman,pada tetangga,sambil membayangkan tingkah lucunya.Kamu akan belajar mencintai dan dicintai dengan tulus.

5. Karena belajar bukan hanya dari orang yang lebih tua, pada si kecilpun kamu bisa

Ketika keponakan kamu sudah beranjak lebih besar, dia akan menjadi peniru paling hebat,ini akan membuatmu terbiasa melakukan hal yang benar agar dia tidak mengikuti sikap burukmu. Tak ada ruginya kamu memiliki si kecil di rumah, kelelahanmu akan terbayarkan dengan tingkah polos mereka  meskipun dia bukan anakmu sendiri. Lebih bahagiakah kamu jika si kecil adalah anakmu? yuhu~ kapan nikah say?

2 comments on "SUKA-DUKA menjadi TANTE di USIA MUDA"
  1. Semangat jadi tante mudaaaaa. Aku dan om termudaku malah beda 7 tahun. Jadi sekarang, kami kalau ke mall berdua, suka dikira pacaran saking akrabnya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Auto Post Signature