Top Social

5 Cara Mengetahui Akun Olshop Palsu di Instagram

1/9/19


Holaa.... Setelah beberapa bulan aku sudah lama tidak bercerita di blog karena lelah sekali kerja kantoran menatap layar komputer lebih dari 8 jam setiap hari.


Pengalaman tertipu olshop


Well, aku mau cerita dulu tanggal 18 November 2018 lalu ketipu sama salah satu online shop di instagram yang sebenarnya olshop ini udah lama sekali berkeliaran untuk menipu calon customernya. Sebelumnya aku udah pingin banget punya baggy pant ala selebgram dan kemarin search aja di instagram langsung muncul akun @beautyhouseid. Aku sudah sedikit curiga karena kolom komentar di ig @beautyhouseid dibatasi. Aku masih bisa abaikan itu sambil memilih celana yang mau dibeli sekitar 2 hari dan karena akunnya memiliki 26rb followers (wagelaseeh). Aku tetap bandel transfer uang sejumlah 180rb dan udah ada firasat ketipu sih.

Tanggal 22 November 2018 aku minta no resi dan si @beautyhouseid online via whatsapp chat enggak pernah dibalas sama sekali. Yasudah.. maki-maki aja setiap hari sampai tanggal 27 November 2018 nomor whatsapp aku akhirnya di-block. Aku baru sadar kalau @beautyhouseid salah satu akun olshop indo yang udah melegenda karena udah nipu banyak banget dan masuk di akun blacklist indo nomor satu pula . Dan bodohnya aku tu kaya lupa ingat sama nama @beautyhouseid dan TERNYATA jadi salah satu akun yang sengaja aku blokir biar diriku tak jadi korban bhahaha! Aku bisa nemuin @beautyhouseid karena akun yang buat blokir udah terhapus permanent karena banyaknya kenangan pait.

Lanjuut, tanggal 07 Januari 2019 aku nemuin lagi nih si @beautyhouseid dengan nama akun berbeda @dailystreet.id. Ini olshop setiap hari update di ig story dengan barang jualan yang sama hingga promosi abal-abal yang sama juga. Sekarang @dailystreet.id memilikin 38,1 followers dan berani promosi berbayar via instagram. Dari banyaknya informasi yang lapor via DM aku, @dailystreet.id memiliki banyak sekali no rekening guysss… so, be careful!

Tips Agar Kamu Menjadi Customer Cerdas

Singkat cerita dari pengalamanku di atas, aku mau berbagi tips buat kamu agar menjadi customer yang cerdas dan enggak mudah ditipu sama olshop palsu di instagram, seperti berikut ini:

1. PROFIL



Hal pertama yang kamu lakukan dengan check profil onlineshop dengan teliti. Jika di dalam biodata olshop tersebut ada website, kamu coba kunjungi dan bila website eror ( tidak bisa dibuka) kamu harus hati-hati. Bisa saja memang website sedang bermasalah dan biasanya olshop yang baik akan memberitahukan lewat ig story / post feed

Jumlah Followers dari akun @dailystreet.id memang tergolong cepat bertambah dan akan terus bertambah karena berani promosi berbayar. Padahal baru kemarin aku share di ig story loh.. Jangan mudah percaya dulu bila isi profil akun olshop tersebut lengkap dan bisa saja hanya untuk penghias.

2.  KOLOM KOMENTAR




Dulu sih belum ada fitur untuk menonaktifkan kolom komen ya guys, jadi para korban tetap bisa menghujat si penipu agar dalih mengembalikan uang mereka dan tidak ada korban lagi. Nah, sekarang dengan adanya fitur menonaktifkan dan membatasi untuk siapa yang berkomentar di sebuah akun olshop patut banget buat kamu curigai. Kalau olshop tersebut tidak memiliki riwayat yang buruk kepada para customer-nya kenapa menonaktifkan kolom komentar? 

3. TAG PHOTO


Coba kamu main ke tempat siapa saja yang pernah tag photo akun olshop tersebut. Belum ada kiriman? Jelas! karena barang yang dipesan para customer tidak pernah sampai di tangan mereka. Mana bisa upload barang olshop yang bersangkutan dan tag kalau barangnya enggak pernah dikirim. Kamu masih bisa memaklumi jika olshop tersebut memiliki followers sedikit ya, bisa dipastikan olshop itu baru dan hasil penjualan tentu belum banyak seperti akun yang memiliki followers bejibun ala @dailystreet.id . 

4. FANPAGE


Salah satu fanpage pertama yang aku follow ada @indonesiablacklist atau IBL yang bertujuan untuk membasmi penipuan berkedok olshop di instagram. Check highligt icon untuk mendapatkan informasi olshop yang kebanyakan follower-nya ribuaaan. Dulu aku sering menemukan olshop palsu dengan followers-nya sedikit tapi, sekarang.........

5. CEK REKENING LEWAT KREDIBEL




Buat kamu yang sudah terlanjur akan melakukan transaksi online dan merasa curiga dengan akun olshop tersebut. Langsung saja check rekening tersebut di sini .


Tampilan rekening @dailystreet.id yang sudah memakan banyak korban.


Bila kamu ingin melapor harap mendaftar terlebih dahulu ya. Kamu harus mengisi secara benar dan identitas pribadi tetap aman kok.



5 Cara mengetahui akun olshop palsu di instagram sudah aku share dan informasi di atas sesuai pengalaman pribadi ya. Dan aku mau ingatkan lagi tetap waspada dan cek dulu secara teliti. Karena akupun yang sudah cek masih kebobolan 180rb masuk ke rekening penipu hikss hiks yang bikin aku sedih banget karena celana impian gak sampai di rumah. Semoga tidak ada yang tertipu lagi sama @dailystreet.id dimana udah diblokir plus report banyak orang akun ig masih hidup juga.

Aku share ig story dan blog untuk mengingatkan kamu agar tidak menjadi korban selanjutnya BUKAN untuk di like apalagi fallaaaww. OMG! kamu mau jadi korban?  Gemes deh aku sama kamu. Kalau kamu memberikan respon seperti itu maka si penipu seperti diberikan semangat buat nipu (lagi).

Buat kamu yang punya pengalaman dan mau menambahkan langsung komentar di bawah ya... 
59 comments on "5 Cara Mengetahui Akun Olshop Palsu di Instagram"
  1. Replies
    1. Iya, tapi kamu harus kirim format order dulu baru si olshop kasih no rekening kan..

      Delete
  2. Wishhh ini manfaat sekaliii makasi bos.. izin share

    ReplyDelete
  3. Aku seh lebih suka shopping online yang melibatkan pihak ketiga seperti Tokopedia, Bukalapak dll coz ada deadline pengiriman barang, kalau di cancel duitnya bisa balik lagi ke rekening

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, tapi terkadang di Instagram produk yang dijual enggak pasaran dan lebih lucu2 menurut ku hehe dan gak semuanya punya akun di E-commerce :)

      Delete
  4. info yang bermanfaat bangetttt, thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Urwell mba Lovinna. Terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete
  5. Duh makasi infonya ya beb, nyesek soalnya kalo (amit2) sampe kena tipu olshop :(((

    ReplyDelete
  6. ya ampun, memang hrs ati2 bangeet kalo beli online yaaa. aku jujurnya kalo online slalu lwt market place yg udh jd langgananku. kalo lgs lwt IG ato line ato fb, aku cek dulu testimoni dari temen2ku yg pernah pake mba. kalo ga ada yg pernah pake , aku biasany lgs males. krn blm tau track recordnya :) . soalnya testimoni dr org2 yg aku ga kenal, bisa jd palsu juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga salah satu orang yang hobi belanja di E-commerce :D lebih aman mba.. Kalau soal testimoni emang banyak yang palsu / comot dari testi olshop lain :)
      Hati-hati ya, soalnya kalau dilihat dari instagram kebanyakan tertipu sama olshop yg promosi :(

      Delete
  7. kalo caraku, selalu cek feedback dari customer lama. kalo memang olshopnya kredibel, pasti dia sering posting testimoni customernya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh mba.. jangan lewat testimoni, soalnya kemarin aku ketipu salah satu karena testinya banyak & selalu update. Ehh ternyata hasil nyomot olshop lain :(

      Delete
  8. Nah iya bener nih harus hati2 kalau belanja online skrg ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Tami :( sekarang penipuan di Instagram lagi booming

      Delete
  9. jadi keingat zaman kuliah, masih zamannya pakai Blackberry, ada buka online shop digroup, habis itu, ngambil barangnya dari group lain kan, dan ternyata penipuan habis duit 800rbu.,. dikirimin surat cinta bahjwasannya jd orng jangan bodoh mau aja ditipu, gila gak tuh orng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius?? Ih olshop nyebelin banget.. pasti ku dah marah2 semingguan tu ..

      Delete
    2. gak bisa marah kak, cuman bisa ikhlas, karena gak bsa contact lagi tuh orngnya

      Delete
  10. Untungnya sih selama ini aku transaksk online aman2 aja ya. Juga skrg kebanyakan lewat marketplace yg bs lebih terjamin. Btu thanks for your sharing, berguna banget spy ke depannya lbh hati2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lewat e-commerce memang lebih aman cuman untuk pengembalian dana/ barang butuh proses lama :(

      Delete
  11. Hits banget yah pembahasan akun olshop palsu ini, duh bagus infonya nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat dan lebuh hati-hati jika berbelanja di Instagram :)

      Delete
  12. Aku paling gregetan kalo udah kena tipu sama akun olshop abal-abal begini kak. Nice sharing nih ka!

    ReplyDelete
  13. Ini mah super bermanfaat sharing nya..aku juga sebel banget denger teman belanja lebaran tahun lalu di tipu olshop bodong..padahal meyakinkan banbet kalau lihat feednya..

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Wah ga senng banget aku sm olshop yg gini. Btw baru tau ada fanpage sm cek rekening

    ReplyDelete
  16. Jadi tambah ngerti bahwa ternyata di Instagram juga banyak penjual gadungan

    ReplyDelete
  17. Pas baca ini aku langsung meluncur ke IGnya si pelaku, tapi aku nggak nemu kak. Cuma nemu akun akun yang ngasih tau kalau dia penipu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penipu selalu gonta ganti nama akun ka, kalo udah ketauan . Hati-hati yah

      Delete
  18. Aku sih blm pernah belanja olshop di IG. Kepengen sih tapi takut2 gitu.. hehehe..

    tp oke jg mba tips nya.. ku akan coba cek sesuai yg mba review kalo aku mau coba belaja di olshop ig. Spy ga kena tipu..

    Thx atas sharingnya ya...

    ReplyDelete
  19. Aku sih blm pernah belanja olshop di IG. Kepengen sih tapi takut2 gitu.. hehehe..

    tp oke jg mba tips nya.. ku akan coba cek sesuai yg mba review kalo aku mau coba belaja di olshop ig. Spy ga kena tipu..

    Thx atas sharingnya ya...

    ReplyDelete
  20. Wah baru tahu nih, dulu pernah tertipu olshop, untungnya nominal sedikit sih, tapi jadi kapok banget.

    ReplyDelete
  21. Sumpah ini berguna banget informasinya...soalnya aku pernah kena tipu waktu beli online

    ReplyDelete
  22. Infonya berguna bangeeett, tau deh yang mana penipu yang mana yang bukan. Sedih banget yaaa :(

    ReplyDelete
  23. Wedew, saya baru tau soal cek akun begini. Pengalaman saya malah pernah dapet produk palsu dr olshop ternama..Haha

    ReplyDelete
  24. Nice info! Soalnya sekarang online shop penipu tuh merebak dan merajalela banget

    ReplyDelete
  25. nice info! pokoknya mah jangan tergiur harga yang gak masuk akal murahnya... dan harus curiga sama olshop yang nggak aktifin comment di IG

    ReplyDelete
  26. Aku biasanya gak berani beli produk online yang dia gak punya foto produk aslinya, atau main comot gitu

    Jadi belanja online dari akun yang pasti-pasti aja. Tulisannya bermanfaat banget buat yang lain supaya lebih hati-hati ya kaa

    ReplyDelete
  27. bahasannya menarik dan beneran berguna banget si ini, kalo aku pribadi sih hampir ga pernah belanja di instagram sejak ada market place dengan sistem rekber yang lebih aman

    ReplyDelete
  28. Sumpah ini penting banget agar tidak ada lagi korban ol shop bodong selanjutnya. thank you beb infonya

    ReplyDelete
  29. Berbagai kasus penipuan untuk belanja online bikin saya lebih memilih belanja di e-commerce karena ada jaminan uang kembali. Padahal seringkali saya lihat barang yang dijual di OS IG lebih bagus-bagus, lho. Terima kasih banyak untuk tipsnya, ya. Saya mau coba ah kalau nanti di IG ada produk yang bagus

    ReplyDelete
  30. Parah. Ngeselin bnget sih olshop penipu kaya gitu.. kita bener bener harus ekstra hati" ya... foll tinggi bkn jaminan.

    ReplyDelete
  31. Astaga kak parah banget itu penipuan. Niat banget ganti-ganti account apa ga takut di tangkap polisi. Rezeki mah ga ketuker. Makasih sharingnya next harus extra hati-hati ni

    ReplyDelete
  32. Tipsnya bermanfaat banget kak. Dan, pas banget nih sama aku yg pernah juga kena tipu Olshop. Asellii, ini mah nyebelin banget. Pas baca ini, otomatis jadi makin aware pas belanja di Olshop, thanks banget ya kak sharingnya

    ReplyDelete
  33. merinding aku bacanyaa. karena aku juga lagi nyarinyari baju huhu btw aku baru tau nih kredibel ini. bermanfaat bangettt. Thankyouuu kaaak

    ReplyDelete
  34. Lumayan serem ya, aku pernah juga tertipu bukan dalam bentuk uang tapi produk yg dipajang jauh berbeda dengan diterima hiks

    ReplyDelete
  35. Waahhh bermanfaat banget nih tulisannya.. aku sih alhamdulillah belum pernah ketipu olshop dan semoga jangab sampaj deh.. dengan begini bisa jadi semakin berhati-hati klo mau belanja online

    ReplyDelete
  36. Semakin hari semakin canggih org nipu yah sampe berani bikim akun berbayar. Berarti hasil nipu dia dah banyak banget.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, silahkan berkomentar dengan baik dan sopan.

Auto Post Signature

Auto Post  Signature